Hospital UMM

2016
10.14
Rumah sakit Universitas Muhammadiyah Malang  (UMM) didirikan pada 17 Agustus 2013 (sama kayak hari Kemerdekaan RI bro ).
Rumah sakit ini didirikan dengan tujuan sebagai penunjang pendidikan kesehatan di Universitas Muhammadiyah Malang dan sebagai sarana kesehatan masyarakat sekitar tlogomas dan sekitarnya. Lokasi Rumah sakit UMM ini tidak jauh dengan kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang yaitu berlokasi di Jl Raya Tlogomas No. 45 Malang. Rumah sakit UMM mempunyai luas 9 Hektar dan bangunan utama setinggi 6 lantai dan beberapa bangunan penunjang. Bentuk dari Rumah sakit UMM ini sangat mudah dikenali karena mempunyai ciri khas yaitu arsitektur cina. (sory gambarnya agak jelek soalnya resolusinya gua kecilin hehehe)img_20161014_000710_hdr

Masjid KH M. Bedjo Darmoleksono

2016
10.14

img_20161014_000903_hdrMasjid KH M. Bedjo Darmoleksono terletak di dalam daerah Rumah Sakit Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang di di Jl. Tlogomas. Masjid yang satu ini sangat istimewa karena masjid ini dibangun oleh Universitas Muhammadiyah Malang, kalian mengira yang membangun masjid ini adalah komunitas Muslim Tionghoa Malang bukan?.  Di saat Universitas Muhammadiyah Malang ingin membangun rumah sakit dengan fasilitas masjid, Rektor UMM memprioritaskan membangun masjid dengan cepat, oleh karena itu mereka bingung memilih desain masjid tersebut, tetapi akhirnya mereka memutuskan untuk mengambil desain nuansa cina, dan masjid itu diberi nama Masjid Masjid KH M. Bedjo Darmoleksono, nama tersebut diambil dari nama salah satu pendiri UMM.

Bookstore UMM

2016
10.14

p_20161014_105018

Bookstore Umm resmi buka tanggal 21 Agustus 2005. Bookstore UMM dibangun sebagai salah satu unit bisnis Universitas Muhammadiyah Malang.Bookstore UMM adalah pusat penjualan buku yang dimiliki UMM, lokasi Bookstore UMM terletak di sebelah UMM Inn, dan mencarinya sangat mudah karena letaknya yang dipinggir jalan besar yang menghubungkan kota Malang dan Batu.

UMM

2016
10.14
tau UMM? gatau? ya udah tak jelasin,  UMM itu singkatan dari Universitas Muhammadiyah Malang, sekarang tau kan? masih gak tau gue jotos lo, udah di panjangin jugak..
Universitas Muhammadiyah Malang ini didirikan tahun 1964, UMM ini terkenal dengan Kampus putih karena emang mayoritas bangunan di UMM ini warna putih, tau kenapa bangunan UMM mayoritas berwarna putih? saya gak begitu tau, tapi saya sepertinya karena warna putih adalah warna yang melambangkan kesucian. UMM ini juga terkenal karena prestasinya yang bagus dan sampai mancanegara. Next, UMM itu mempunyai 3 Kampus yang terletak di  Jl. Bandung No. 1,Jl. Bendungan Sutami No. 188ª, dan  Jl. Raya Tlogomas No. 246 , kota Malang, kampus utamanya adalah kampus 3 yaitu kampus yang terletak di tlogomas, UMM ini cukup besar lo, karena sampai memiliki 12 fakultas dan 44 jurusan, total mahasiswanya sampai puluhan ribu dan mempunyai kurang lebih 1900 dosen, jumlah yang sangat banyak bukan. Ok cukup sekian dari saya terima kasihkampus3umm_orig

Sengkaling Kuliner Dan Sengkaling

2016
10.14

p_20161014_104520

Sengkaling Kuliner,sudah tidak asing bukan dengan kata ” Sengkaling”ya.. Sengkaling Kuliner terletak di kawasan Wisata Sengkaling yang mempunyai banyak wahana – wahana yang menyenangkan dan kolam renang,
di sengkaling kuliner terdapat banyak macam makanan dan minuman yang dijual disana, seperti soto,steak,sup, dll. di Sengkaling Kuliner juga di disediakan juga tempat bermain untuk anak.  contohnya bianglala
Gambar di atas adalah Pintu masuk utama Taman Rekreasi Sengkaling, sebelum membahas sengkaling kalian udah tau kan sengkaling itu taman rekreasi yang kayak gimana? gatau ? ya udah saya jelasin dengan singkat. Sengkaling adalah salah satu tempat yang dimiliki UMM, dan Taman Rekreasi ini bertujuan untuk menjadi tempat refreshing bagi keluarga dan taman sengkaling ini berlokasi di Jl. Raya Mulyoagung No. 188, Malang, Jawa Timur.

Masjid AR Fachruddin

2016
10.14
Masjid AR Fachruddin dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan pada tahun 1998.
masjid ini besar sekali dan juga tinggi karena mempunyai 5 Lantai gan, 5 lantai tersebut di bagi dengan keterangan sebagai berikut :  Lantai 3 – 5 digunakan sebagai tempat ibadah, lantai 2 digunakan sebagai perkantoran takmir masjid, dan lantai 1 digunakan untuk bank, kantin, Kopkar, ATM,laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, radio UMM FM dan beberapa kantor pusat studi. Masjid  ini terletak didepan kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang

Tutorial Hijab

2016
10.14

Inilah Dia Bahan-Bahan Yang Perlu Dipersiapkan

  • 1 buah hijab paris
  • 1 buah hijab maroko
  • Beberapa jarum pentul

Jika bahan-bahan diatas sudah kamu persiapkan, selanjutnya barulah kamu bisa mulai menyimak langkah-langkah tutorial hijab kali ini.

Inilah Dia Tutorial Hijab – Cara Memakai Jilbab Paris Segi Empat Untuk Sehari-Hari

Tutorial Hijab - Cara Memakai Jilbab Paris Segi Empat Untuk Sehari hari

1. Pertama-tama, silahkan kamu bisa terlebih dahulu mengenakan hijab maroko yang sudah kamu persiapkan. Untuk penggunaan hijab maroko, sebaiknya kamu posisikan senyaman mungkin agar hijab maroko tidak melilit erat dileher, yang membuat aktifitasmu menjadi tidak nyaman.
2. Selanjutnya, ambil hijab paris yang sebelumnya telah kamu siapkan. Kali ini, menggunakan hijab paris lain daripada biasanya, jika biasanya kamu selalu melipatnya membentuk segitiga, namun dikesempatan kali ini, biarkan hijab paris terbuka lebar membentuk persegi sebagaimana bentuk aslinya.
3. Kemudian tempatkan dibagian kepala, seperti biasa kamu hendak menggunakan hijab. Selanjutnya pastikan jika bagian masing-masing ujung hijab memiliki ukuran yang berbeda, dengan ujung sebelah


kiri lebih pendek dari ujung sebelah kanan atau sebaliknya.
4. Setelah itu, tarik ujung hijab yang lebih panjang kebagian atas kepala dan lilitkan ke kepala, tempatkan dibagian kuncir sebelah kanan, kemudian rekatkan menggunakan jarum pentul.
5. Kemudian bagian belakang yang masih menjuntai, kita tarik dan tempatkan kedepan diatas kepala sehingga membentuk pola berlapis dan pastikan kedua ujung memiliki ukuran yang sama.
6. Agar kedua ujung hijab ini merekat kuat , berikan masing-masing jarum pentul dimasing-masing sisi kanan dan kirinya.
7. Agar terlihat lebih rapih, ikatkan kedua ujung hijab tadi kedalam dan tutupi dengan ujung yang menjuntai didepan. Hal ini untuk memudahkan kamu untuk tetap aktif dalam bergerak.
Dan kini Tutorial Hijab – Cara Memakai Jilbab Paris Segi Empat Untuk Sehari-hari sudah siap. Kamu bisa mengaplikasikannya dirumah tentunya dengan metode yang begitu sederhana dan mudah.

KEHUTANAN UMM

2016
10.14

Jurusan kehutanan berdiri pada tahun 1999 dan kini memperoleh status Terakreditasi “B’ dari BAN PT. Jurusan Kehutanan UMM merupakan satu-satu jurusan Kehutanan yang ada di Wilayah Jawa Timur dengan program sarjana strata 1 (satu).


Untuk memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia bidang kehutanan yang berkualitas dalam menjawab tantangan pengelolaan sumberdaya hutan ke depan, Jurusan kehutanan telah mengembangkan IPTEK sesuai dengan keahliannya. Untuk mendukung hal tersebut jurusan kehutanan telah menjalin kerjasama dengan instansi kehutanan dan perguruan mitranya, antara lain: Kementerian Kehutanan RI di bidang penelitian dan pengembangan sumber daya hutan yang meliputi: bidang rehabilitasi hutan dan lahan, konservasi sumberdaya hutan, dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan, Perum Perhutani II Jawa Timur dalam bentuk praktik kerja lapang dan penelitian serta dengan Fakultas Kehutanan UGM dalam bentuk pendidikan dan praktek umum.

Sebagai penunjang kurikulum yang berbasis kompetensi, jurusan kehutanan telah menyiapkan staf pengajar yang memiliki keahlian terkait dengan aspek kewirausahaan yang berbasis kelestarian lingkungan, keahlian dibidang lingkungan hidup (kualifikasi sertifikat AMDAL ), kompetensi penilai mutu bibit, dan kompetensi di bidang konservasi sumberdaya hutan alam, sehingga lulusan kehutanan mampu berkompetisi di dunia kerja terbukti dengan banyak alumni yang bekerja di Instansi pemerintah maupun swasta.

Sesuai dengan visi dan misi serta tugas pokok dan fungsinya program studi Kehutanan telah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Program studi Kehutanan tidak menyelenggarakan kelas jauh dan menyerahkan laporan EPSBED ke Dikti setiap semester.

Program studi kehutanan telah meluluskan mahasiswa sebanyak  315 alumni yang tersebar di berbagai daerah. Sebagian besar alumni telah terserap sebagai karyawan PNS, pegawai BUMN/BUMS dan berwiraswasta di bidang kehutanan.

PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI KEHUTANAN

Saat ini program studi Kehutanan FP-UMM berusaha memanfaatkan jaringan Internet dengan lebar bandwidht 2 Mbps, yang sejak 2006 lalu melalui PHK Inherent K1, UMM telah terhubung dengan jaringan Inherent melalui local node Universitas Brawijaya. Dengan infrastruktur yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Malang, program studi Kehutanan FP-UMM pada tahun 2008 telah mengembangkan system pembelajaran berbasis TIK melalui program inherent K1.

PENGEMBANGAN BIDANG MANAJERIAL PROGRAM

Prinsip pengelolaan program studi Kehutanan menganut pada konsep pelayanan prima yaitu cepat, sderhana, mudah dan real time, namun tidak mengurangi prinsip-prinsip ketelitian/akurasi dan profesionalitas. Program studi Kehutanan telah mengembangkan layanan tersebut dengan menerapkan input database yang berbasis Microsoft acces antara lain:

· Pengelolaan system administrasi akademik

· Pengelolaan system administrasi surat menyurat

· Pengelolaan system database kemahasiswaan dan alumni

Adanya model pelayanan tersebut maka kinerja program studi akan semakin meningkat dan dapat membantu pelayanan baik terhadap dosen, mahasiswa maupun keluarga/orang tua mahasiswa untuk dapat mengetahui informasi yang diperlukan dengan layanan yang prima, bersahabat dan memuaskan.

Sumber : Website Kehutanan UMM

KEPOIN YUK BUDAYA, MAKANAN, DAN CIRI KHAS BANYUWANGI !!

2016
10.14

 BUDAYA KHAS BANYUWANGI

Tarian Gandrung adalah seni pertunjukan tarian yang berasal dari Banyuwangi Jawa Timur. Tarian ini muncul sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat setiap habis panen. Gandrung masih satu genre dengan Ketuk Tilu dari Jawa Barat, Tayub dari Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian barat, Lengger dari wilayah Banyumas dan Joged Bumbung dari Bali. Bentuk kesenian yang didominasi tarian dengan orkestrasi khas ini populer di wilayah Banyuwangi yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Saking populernya, telah menjadi ciri khas dari wilayah tersebut. Tak salah jika Banyuwangi selalu diidentikkan dengan gandrung. Lihat saja di berbagai sudut wilayah Banyuwangi akan sering banyak patung penari gandrung.
Tarian yang diiringi dengan musik ini dimainkan oleh seo

rang wanita penari profesional yang menari bersama tamu, terutama pria secara berpasangan. Iringan musik tadi  merupakan khas perpaduan budaya Jawa dan Bali. Sementara peralatan musik pengiringnya terdiri dari gong, kluncing, biola, kendhang, dan sepasang kethuk. Kadang-kadang diselingi dengan saron Bali, angklung, atau rebana sebagai bentuk kreasi dan diiringi electone.Gandrung sering dipentaskan pada berbagai acara, seperti perkawinan, pethik laut, khitanan, tujuh belas

an dan acara-acara resmi maupun tak resmi lainnya, baik di Banyuwangi maupun wilayah lainnya. Menurut kebiasaan, pertunjukan lengkapnya dimulai sejak sekitar pukul 21.00 dan berakhir hingga menjelang subuh.2124056gandrung-11780x390

Makanan khas kota Banyuwangi

Menu satu ini juga tidak kalah populer di Banyuwangi dan c

ocok sekali bagi penggemar makanan pedas atau bahkan super pedas. Kenapa? Karena ciri utama dari Sego Tempong adalah sambal yang masih segar yang bisa membuat keringat penikmat kuliner mengalir deras. Dalam bahasa Jawa, sego berarti nasi, dan tempong berarti tempeleng. So, kalau diartikan adalah menu nasi yang bisa membuat kamu merasa ditempeleng setelah melahapnya karena sambal yang disajikan super pedas. Sayuran yang menemani sambal ini adalah daun ketela, kacang, panjang, terong, dan mentimun. Rasanya makin mantap dengan tambahan gorengan tempat, tah

u, atau ikan asin. Untuk bisa mencicipinya juga sangat mudah karena menu ini bisa ditemukan di warung-warung dan restoran di kota Banyuwangi.

foto-3-kuliner-khas-dari-banyuwangi

Ciri khas kota banyuwangi

The Sunrise of Java

Julukan The Sunrise of Java disandang Kabupaten Banyuwangi tidak lain karena daerah yang pertama terkena sinar matahari terbit di pulau Jawa.

Bumi Blambangan

Sejarah berdirinya Banyuwangi tidak bisa dilepaskan dari sejarah kerajaan Blambangan, karena Blambangan merupakan cikal bakal dari Banyuwangi. Blambangan adalah kerajaan yang semasa dengan kerajaan Majapahit bahkan dua abad lebih panjang umurnya. Blambangan adalah kerajaan yang paling gigih bertahan terhadap serangan Mataram dan VOC serta Blambanganlah kerajaan yang paling akhir ditaklukkan penjajah Belanda di pulau Jawa.

Kota Osing

Salah satu keunikan Banyuwangi adalah penduduk yang multikultur, dibentuk oleh 3 elemen masyarakat yaitu Jawa Mataraman, Madura, dan Osing. Suku Osing adalah penduduk asli Banyuwangi. Sebagai keturunan kerajaan Blambangan, suku osing mempunyai adat-istiadat, budaya maupun bahasa yang berbeda dari masyarakat jawa dan madura.

Kota Santet

Julukan Banyuwangi kota santet terkenal sejak peristiwa memilukan ketika 100 orang lebih dibunuh secara misterius karena dituduh memiliki ilmu santet. Peristiwa ini dikenal luas oleh masyarakat sebagai “Tragedi Santet” Tahun 1998.

Kota Gandrung

Kabupaten Banyuwangi terkenal dengan Tari Gandrung yang menjadi maskot kabupaten ini.

Kota Banteng

Kabupaten Banyuwangi dijuluki kota banteng dikarenakan di Banyuwangi tepatnya di Taman Nasional Alas Purwo terdapat banyak banteng jawa.

Kota Pisang

Sejak dahulu Kabupaten Banyuwangi sangat dikenal sebagai penghasil pisang terbesar, bahkan tiap dipekarangan rumah warga selalu terdapat pohon pisang.

Kota Festival

Berawal dari sukses penyelenggaraan kegiatan budaya Banyuwangi Ethno Carnival pertama pada tahun 2011 lalu, maka pada tahun-tahun berikutnya seakan tak terbendung lagi semangat dan kegairahan masyarakat Banyuwangi untuk mengangkat potensi dan budaya daerah melalui rangkaian kegiatan yang dikemas dalam tajuk Banyuwangi Festival. Maka sejak 2012 acara Banyuwangi Ethno Carnival ditahbiskan menjadi agenda tahunan berbarengan dengan kegiatan lain, baik yang bersifat seni, budaya, fesyen, dan wisata olahraga.

Perkembangan IT di Indonesia pada saat ini

2016
10.14
            Seiring berkembangnya zaman, sudah tak terasa kita telah hidup di zaman yang penuh dengan kecanggihan dan semuanya serba praktis. Semua orang berlomba-lomba untuk dapat menciptakan hal yang baru dan dapat mempermudah pekerjaanya. Termasuk juga di dalamnya adalah perkembangan IT yang berkembang sangat pesat di dunia, khususnya di negara kita tercinta, Republik Indonesia.

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, dengan memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. informasi yang dimaksudkan adalah informasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu, yang dapat digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan. Informasi ini juga harus bernilai strategis sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.

Sekarang ini peranan IT dalam keidupan manusia sudah semakin penting. Karena seiring dengan perkembangan IT tersebut manusia banyak melakukan pekerjaannya di depan komputer maupun dengan menggunakan handphone untuk komunikasi. Dengan adanya kemajuan teknologi semakin mempermudah pekerjaan manusia dan serasadunia ada di genggaman kita. Selain itu, perkembangan IT juga sangat cepat, sehingga harus selalu mengikuti perkembangannya.

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami komponen teknologi informasi ( perangkat keras, perangkat lunak, komputer sistem jaringan, dan sistem telekomunikasi). Untuk membangun fasilitas TI, Indonesia masih sangat mengandalkan investor.
Kalau kita buat kronologi perkembangan IT di Indonesia dari zaman dulu sampai prediksi perkembangan IT di Indonesia yaitu antara lain :

1.     Teknologi Informasi generasi awal.
Di Indonesia pada masa lampau, komunikasi jarak jauh dilakukan dengan surat menyurat. Meskipun belum ada sistem pos, namun system pengiriman surat telah berlangsung sejak lama. Sistem tknologi informasi di Indonesia mulai mengalami perkembangan pada tahun 1855, atau tepatnya pada tanggal 23 Oktober 1855 ketika pemerintah Hindia Belanda membuka saluran telegraf pertama di Indonesia. Sejak saat itu, telegraf mulai banyak digunakan di Indonesia.

Pada tanggal 16 Oktober 1882, jaringan telepon lokal pertama kali digunakan di Indonesia oleh pihak swasta yang mendapat izin konsesi selama 25 tahun. Sejak saat itu, mulai bermunculan perusahaan-perusahaan jaringan telepon di Indonesia. Namun, pada masa awal ini, Perusahaan-perusahaan tersebut hanya membuka hubungan telepon di kota-kota besar saja. Pada tahun 1906, pemerintah pun mengambil alih dan memonopoli semua perusahaan jaringan telepon, kecuali jaringan telepon Perusahaan Keretea Api Deli. Pada tahun 1967, perusahaan telekomunikasi berhasil menyelesaikan pembangunan jaringan telekomunikasi Nusantara yang meliputi proyek gelombang mikro lintas Sumatra, dan gelombang mikro lintas Indonesia Timur. Pada tanggal 9 Juli 1976, Indonesia kemudian meluncurkan satelit palapa. Dan dimulailah babak baru perkembangan teknologi informasi di Indonesia yang bergerak sangat cepat dan pesat sejak diluncurkannya satelit ini.

Indonesia mulai mengenal internet pada tahun 1990-an. Pengguna internet pertama di Indonesia pada tahun 1988 menggunakan CIX (Inggris) dan Compurserve ( AS) untuk mengakses internet. Internet pun saat ini semakin sering digunakan dan semakin berkembang dengan pesat.

2.   Teknologi informasi pada masa kini. 
        Saat ini, kita telah memasuki era globalisasi dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Di Indonesia pun informasi-informasi dari berbagai belahan dunia sudah dapat diakses dengan cepat dan mudah. Fasilitas internet  telah mengubah paradigma masyarakat menjadi semakin modern dan praktis. Internet saat ini semakin mudah diakses. Selain fasilitas warnet yang semakin banyak, orang-orang juga dapat mengakses internet melalui PC atau laptopnya di rumah, atau dengan memanfaatkan fasilitas hotspot, atau bahkan dengan menggunakan handphone.  Tidak hanya itu, internet saat ini telah dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, bisnis, kemiliteran, dan berbagai bidang lain. Pemerintah Indonesia telah menjadikan internet sebagai salah satu bagian penting dalam berbagai bidang. Dengan memanfaatkan internet, Indonesia telah melakukan satu langkah maju untuk semakin berkembang dan maju pada masa yang akan datang.

3.      Teknologi Informasi pada masa yang akan datang.
Melihat perkembangan teknologi  informasi saat ini, berbagai prediksi tentang perkembangan teknologi semakin banyak diutarakan. Namun, tentunya ada berbagai faktor yang akan mempengaruhi perkembangan teknologi informasi tersebut. Baik mendukung ataupun menghambat perkambangan tersebut. Hal-hal seperti kemampuan finansial pemerintah dan keterjangkauan daerah-daerah pelosok akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi informasi tersebut. Pada masa lalu, telah banyak tokoh-tokoh yang mengungkapkan prediksinya tentang perkembangan teknologi informasi. Seperti apa yang dikatakan Mason R. (1994) yang berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya gedung sekolah. Namun, teknologi tetap akan memperlebar jurang antara di kaya dan si miskin. Atau hal yang diungkapkan oleh Tony Bates (1995) bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi. Yang jelas, apapun yang akan terjadi, teknologi informasi masih akan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Di Indonesia khususnya, di seluruh penjuru dunia secara umumnya.

Belakangan peranan IT dalam jasa transportasi pun sudah dapat kita rasakan. Sebagai contoh adanya kartu khusus yang dikeluarkan oleh beberapa bank swasta yang dapat kita gunakan untuk membayar tol, membeli bahan bakar, pembelian tiket busway, dan kereta.

Dalam dunia pendidikan khususnya pada tingkat perguruan tinggi, pemanfaatan IT diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut electronic university (e-University). Pengembangan ini dilakukan dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik bagi komunitasnya, baik didalam maupun diluar perguruan tinggi tersebut melalui internet. Cotoh Layanan pendidikan lain yang bisa dilaksanakan melalui sarana internet yaitu dengan menyediakan materi kuliah secara online dan materi kuliah tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkan.

Dengan adanya perkembangan IT yang begitu pesat, juga harus diimbangi dengan kesadaran untuk menggunakan IT untuk kepentingan yang positif. Oleh karena tidak sedikit juga para ahli IT yang menggunakannya untuk kejahatan. Banyak situs porno yang makin marak beredar. Contoh lain adalah “demam” situs pertemanan yang tak jarang disalahgunakan. Hingga transaksi jual beli gadis lewat dunia maya. Hal ini tentu dapat mempengaruhi perkembangan anak dan remaja di negara kita. Dan perlu adanya pengawasan dari pihak yang berwenang agar dampak negatif dari IT dapat dikurangi. Karena remaja sekarang cenderung menggunakan Teknologi ke arah negatif, dan hal itu disebabkan jiwa mereka yang masih labil dan perlunya pendidik serta pembimbing untuk mengarahkan mereka ke arah yang benar sehinga dapat memajukan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Banyak manfaat yang dapat saya rasakan dengan adanya perkembangan IT diantaranya membantu saya dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah, dengan mudah mentransfer uang, menambah teman melalui jejaring sosial, berkomunikasi dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu, dengan berkembangnya IT maka dapat memajukan perekonomian Indonesia, sekarang juga terdapat bisnis online, transaksi melalui internet, serta banyak lagi manfaat yang lainya.
Demikian uraian penulis tentang perkembangan IT di Indonesia beserta kronologi perkembangannya dan juga ulasan tentang dampak positif dan negatif perkembangan IT ke depannya terhadap kemajuan bangsa Indonesia.